kecilkan semua  

Teks -- 2 Korintus 5:1-19 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
5:1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. 5:2 Selama kita di dalam kemah ini, kita mengeluh, karena kita rindu mengenakan tempat kediaman sorgawi di atas tempat kediaman kita yang sekarang ini, 5:3 sebab dengan demikian kita berpakaian dan tidak kedapatan telanjang. 5:4 Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup. 5:5 Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita. 5:6 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan, 5:7 -- sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat -- 5:8 tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan. 5:9 Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya. 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.
Pelayanan untuk pendamaian
5:11 Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata dengan terang dan aku harap hati kami nyata juga demikian bagi pertimbangan kamu. 5:12 Dengan ini kami tidak berusaha memuji-muji diri kami sekali lagi kepada kamu, tetapi kami mau memberi kesempatan kepada kamu untuk memegahkan kami, supaya kamu dapat menghadapi orang-orang yang bermegah karena hal-hal lahiriah dan bukan batiniah. 5:13 Sebab jika kami tidak menguasai diri, hal itu adalah dalam pelayanan Allah, dan jika kami menguasai diri, hal itu adalah untuk kepentingan kamu. 5:14 Sebab kasih Kristus yang menguasai kami, karena kami telah mengerti, bahwa jika satu orang sudah mati untuk semua orang, maka mereka semua sudah mati. 5:15 Dan Kristus telah mati untuk semua orang, supaya mereka yang hidup, tidak lagi hidup untuk dirinya sendiri, tetapi untuk Dia, yang telah mati dan telah dibangkitkan untuk mereka. 5:16 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian. 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 5:18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. 5:19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Kor 5:1 - JIKA KEMAH ... DI BUMI INI. Nas : 2Kor 5:1 Paulus menggunakan anak kalimat yang bersyarat, "jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar", karena dia tahu bahwa Krist...

Nas : 2Kor 5:1

Paulus menggunakan anak kalimat yang bersyarat, "jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar", karena dia tahu bahwa Kristus bisa kembali dengan segera, sehingga dia tidak akan mengalami kematian; sebaliknya tubuhnya akan langsung diubah

(lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

Kedua kemungkinan yang sama ini (kematian atau pengubahan) berlaku bagi orang percaya pada masa kini. Kristus telah menyatakan bahwa kita tidak mengetahui hari atau jam kedatangan-Nya (Mat 24:36,42,44); karena peristiwa ini sudah dekat, maka kita memiliki motivasi yang kuat untuk hidup kudus

(lihat cat. --> Mat 24:42;

[atau ref. Mat 24:42]

1Yoh 3:2-3).

Full Life: 2Kor 5:1 - KEMAH ... DI BUMI ... SUATU TEMPAT KEDIAMAN. Nas : 2Kor 5:1 Teks : 1) Istilah "kemah di bumi" menunjuk kepada tubuh orang percaya di bumi atau kepada kehidupan orang percaya di bumi. ...

Nas : 2Kor 5:1

Teks :
  1. 1) Istilah "kemah di bumi" menunjuk kepada tubuh orang percaya di bumi atau kepada kehidupan orang percaya di bumi.
  2. 2) "Suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia" mungkin menunjuk kepada tubuh sementara yang dipersiapkan bagi orang percaya di sorga, sementara mereka menantikan kebangkitan tubuh mereka atau kepada lingkungan keberadaan sorgawi. Beberapa orang telah memakai ayat-ayat yang sulit ini untuk mengajarkan bahwa setelah kematian dan sementara menantikan kebangkitan, orang percaya berada sebagai roh-roh yang tak berwujud, bayangan yang samar-samar atau jiwa-jiwa yang tanpa bentuk. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa baik Musa maupun Elia telah menampakkan diri dengan suatu tubuh sorgawi di atas Gunung Pemuliaan itu, sekalipun mereka juga sedang menanti-nantikan tubuh kebangkitan mereka

    (lihat art. KEBANGKITAN TUBUH).

    Lebih lanjut, dalam kitab Wahy 6:9-11 jiwa-jiwa dalam sorga mengenakan jubah putih dan digambarkan sebagai oknum yang dapat dilihat; mereka bukan jiwa tanpa bentuk.

Full Life: 2Kor 5:8 - MENETAP PADA TUHAN. Nas : 2Kor 5:8 Ayat ini dan ayat-ayat lain (mis. Luk 23:42-43; Fili 1:23) dengan jelas mengajarkan bahwa tidak ada selang waktu antara kematian dan...

Nas : 2Kor 5:8

Ayat ini dan ayat-ayat lain (mis. Luk 23:42-43; Fili 1:23) dengan jelas mengajarkan bahwa tidak ada selang waktu antara kematian dan kehidupan yang akan datang

(lihat art. KEMATIAN).

Kematian orang percaya membawanya dengan segera ke hadapan Kristus (1Kor 13:12). Demikianlah, "mati adalah keuntungan" (Fili 1:21). Hal ini tidak berarti bahwa Kristus tidak hadir bersama dengan orang percaya sekarang, sebab pekerjaan Roh Kudus ialah untuk menyampaikan kehadiran Kristus kepada orang percaya

(lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

Tetapi hal ini menunjukkan bahwa kita sekarang ada bersama dengan Tuhan oleh iman dan bukan oleh penglihatan (Ibr 11:1).

Full Life: 2Kor 5:10 - TAKHTA PENGADILAN KRISTUS. Nas : 2Kor 5:10 Untuk penjelasan mengenai apa yang terjadi kepada orang percaya pada hari penghakiman, lihat art. PENGADILAN ORANG PERCA...

Nas : 2Kor 5:10

Untuk penjelasan mengenai apa yang terjadi kepada orang percaya pada hari penghakiman,

lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

Full Life: 2Kor 5:17 - IA ADALAH CIPTAAN BARU. Nas : 2Kor 5:17 Melalui perintah Allah yang berkuasa untuk menciptakan itu (2Kor 4:6), mereka yang menerima Yesus Kristus oleh iman dijadikan cipta...

Nas : 2Kor 5:17

Melalui perintah Allah yang berkuasa untuk menciptakan itu (2Kor 4:6), mereka yang menerima Yesus Kristus oleh iman dijadikan ciptaan yang baru, yang termasuk dunia baru Allah di mana Roh memerintah (Rom 8:14; Gal 5:25; Ef 2:10). Orang percaya itu menjadi seorang yang baru (Gal 6:15; Ef 2:10,15; 4:24; Kol 3:10) diperbarui seturut dengan citra Allah (2Kor 4:16; 1Kor 15:49; Ef 4:24; Kol 3:10), ikut merasakan kemuliaan-Nya (2Kor 3:18) dengan pengetahuan (Kol 3:10) dan pengertian (Rom 12:2) yang dibaharui, dan hidup dalam kekudusan (Ef 4:24).

Full Life: 2Kor 5:18 - MENDAMAIKAN KITA DENGAN DIRI-NYA. Nas : 2Kor 5:18 Pendamaian (Yun. _katallage_) merupakan satu segi dari karya penebusan Kristus, pemulihan orang yang berdosa kepada persekutuan den...

Nas : 2Kor 5:18

Pendamaian (Yun. _katallage_) merupakan satu segi dari karya penebusan Kristus, pemulihan orang yang berdosa kepada persekutuan dengan Allah.

  1. 1) Dosa dan pemberontakan umat manusia telah mengakibatkan permusuhan terhadap dan pengasingan dari Allah (Ef 2:3; Kol 1:21). Pemberontakan ini mendatangkan murka dan hukuman Allah (Rom 1:18,24-32; 1Kor 15:25-26; Ef 5:6).
  2. 2) Melalui kematian Kristus yang menebus, Allah telah menyingkirkan penghalang dosa dan membuka suatu jalan bagi orang berdosa untuk kembali kepada Allah (ayat 2Kor 5:19; Rom 3:25; 5:10; Ef 2:15-16).
  3. 3) Pendamaian itu berlaku bagi setiap orang melalui pertobatan pribadinya dan imannya dalam Kristus (Mat 3:2; Rom 3:22).
  4. 4) Gereja telah dikaruniai pelayanan pendamaian, yang memanggil seluruh umat untuk diperdamaikan kepada Allah (ayat 2Kor 5:20;

    lihat cat. --> Rom 3:25).

    [atau ref. Rom 3:25]

BIS: 2Kor 5:19 - dengan perantaraan Kristus, Allah membuat manusia berbaik kembali dengan dirinya dengan perantaraan Kristus, Allah membuat manusia berbaik kembali dengan dirinya: atau Allah di dalam Kristus membuat manusia berbaik kembali dengan d...

dengan perantaraan Kristus, Allah membuat manusia berbaik kembali dengan dirinya: atau Allah di dalam Kristus membuat manusia berbaik kembali dengan dirinya.

Jerusalem: 2Kor 2:14--7:4 - -- Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 meng...

Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 menguraikan tentang karya kerasulan.

Jerusalem: 2Kor 5:1-10 - -- Ayat-ayat ini meneruskan 2Ko 4:16-18. Dalam 2Ko 4:16-18 diperlawankan manusia lahiriah yang semakin merosot dengan manusia batiniah yang semakin menin...

Ayat-ayat ini meneruskan 2Ko 4:16-18. Dalam 2Ko 4:16-18 diperlawankan manusia lahiriah yang semakin merosot dengan manusia batiniah yang semakin meningkat, 2Ko 5:16; bdk Rom 7:22+. Manusia batiniah itu sama dengan "manusia baru" yang disebut dalam Kol 3:10+. Manusia batiniah adalah jaminan Roh Kudus, 2Ko 5:5; bdk Rom 8:23. Kepenuhannya baru diberikan melalui kebangkitan, waktu orang beriman menempati tempat kediaman sorgawi, 2Ko 5:2, ialah tubuh rohaniah, 1Ko 15:44. Karenanya orang Kristen dengan hangat merindukan, 2Ko 5:2, kepenuhan itu. Mereka ingin bahwa tidak pernah akan kekurangan kepenuhan itu, meski untuk sementara waktu sekalipun akibat kematian yang mendatangi mereka sebelum Kedatangan Tuhan, 2Ko 5:4. Mereka ingin masih hidup waktu Parusia. Tetapi bdk 2Ko 5:8+.

Jerusalem: 2Kor 5:3 - tidak akan didapati telanjang Terjemahan lain: asal kita tidak akan didapati telanjang. Kalau demikian, maka artinya: asal kita masih hidup waktu Tuhan datang dalam kemuliaanNya. P...

Terjemahan lain: asal kita tidak akan didapati telanjang. Kalau demikian, maka artinya: asal kita masih hidup waktu Tuhan datang dalam kemuliaanNya. Paulus sendiri ingin termasuk dalam kalangan mereka yang masih hidup waktu Tuhan datang, sehingga tubuhnya dirobah saja dengan tidak mengalami kematian dahulu. Orang yang di waktu itu masih hidup seolah-olah mengenakan "tubuh rohaniah" di atas "tubuh alamiah", 1Ko 15:44,53,54, sehingga "tubuh rohaniah" "mengisap" "tubuh alamiah".

Jerusalem: 2Kor 5:7 - -- Bdk 1Ko 13:12. Diperlawankan "percaya" dengan "melihat", sebagai yang tidak sempurna dengan yang sempurna. Ayat ini cukup penting oleh karena menonjol...

Bdk 1Ko 13:12. Diperlawankan "percaya" dengan "melihat", sebagai yang tidak sempurna dengan yang sempurna. Ayat ini cukup penting oleh karena menonjolkan bahwa "percaya" menyangkut unsur "mengetahui".

Jerusalem: 2Kor 5:8 - -- Di sini dan dalam Fili 1:23 rupanya Paulus berpikir kemungkinan bahwa seorang Kristen dipersatukan dengan Kristus segera setelah meninggal dunia. Hara...

Di sini dan dalam Fili 1:23 rupanya Paulus berpikir kemungkinan bahwa seorang Kristen dipersatukan dengan Kristus segera setelah meninggal dunia. Harapan akan kebahagiaan (jiwa) manusia sebelum kebangkitan badan di akhir zaman tidak bertentangan dengan ajaran Kitab Suci tentang kebangkitan itu, Rom 2:6+; 1Ko 15:44. Tetapi harapan semacam itu jelas terpengaruh oleh alam pikiran Yunani yang mengenal "jiwa" yang dapat dipisahkan dari tubuh. Pandangan Yunani ini sudah memasuki pandangan Yahudi di zaman itu juga, bdk Luk 16:22; 23:43; 1Pe 3:19+. Bandingkan pandangan tentang ekstase di mana jiwa terpisah dari tubuh dalam 2Ko 12:2 dst; bdk Wah 1:10; 4:2; 17:3; 21:10.

Jerusalem: 2Kor 5:13 - tidak menguasai diri Paulus menyinggung peristiwa yang terjadi dahulu. Waktu menulis suratnya dahulu "dengan mencucurkan banyak air mata", 2Ko 2:4, Paulus tentu saja "tida...

Paulus menyinggung peristiwa yang terjadi dahulu. Waktu menulis suratnya dahulu "dengan mencucurkan banyak air mata", 2Ko 2:4, Paulus tentu saja "tidak menguasai diri" dengan maksud menunjukkan tuntutan-tuntutan mutlak dari pihak Allah. Kalau sekarang "menguasai diri" maka Paulus menguasai diri untuk "kepentingan kamu", artinya: ia merelakan diri bagi jemaat di Korintus supaya dapat "meyakinkan orang", 2Ko 5:11. Tetapi bagaimanapun juga Paulus selalu bertindak oleh karena "dikuasai kasih Kristus", 2Ko 5:14.

Jerusalem: 2Kor 5:14 - mati untuk semua Kristus telah mati untuk semua, artinya: sebagai pengganti semua manusia. Sebagai kepala umat manusia Kristus mewakili semua. Tetapi apa yang dalam ke...

Kristus telah mati untuk semua, artinya: sebagai pengganti semua manusia. Sebagai kepala umat manusia Kristus mewakili semua. Tetapi apa yang dalam kematian Kristus itu bernilai bagi Allah ialah ketaatan kasih yang menyatakan diri dalam seluruh hidup Kristus demi orang lain, Rom 5:19+; Fili 2:8; bdk Luk 22:42 dsj; Yoh 15:13; Ibr 10:9-10. Orang beriman mengambil bagian dalam kematian Kristus itu melalui baptisan, Rom 6:3-6, tetapi kemudian wajib meneguhkan korban Kristus itu dalam hidup mereka, 2Ko 5:15; Rom 6:8-11.

Jerusalem: 2Kor 5:16 - menurut ukuran manusia Harafiah: menurut daging. Paulus tidak mengatakan bahwa mengenal Kristus selama hidup. Ia mau menegaskan bahwa semua orang, termasuk mereka yang langs...

Harafiah: menurut daging. Paulus tidak mengatakan bahwa mengenal Kristus selama hidup. Ia mau menegaskan bahwa semua orang, termasuk mereka yang langsung mengenal Yesus tidak boleh menganggap penting pengetahuan "menurut daging" semacam itu. Hubungan keluarga, pergaulan pribadi dan kebangsaan yang sama memang tidak penting. Bdk Mar 3:31-35 dsj. Menurut tafsiran lain Paulus mempertentangkan pengetahuannya sekarang tentang Kristus, yaitu Tuhan yang dimuliakan, dengan pengetahuannya sebelum masuk Kristen, waktu menganggap Kristus sebagai musuh.

Jerusalem: 2Kor 5:17 - ciptaan baru Dahulu Allah telah menciptakan segala sesuatunya melalui Kristus, bdk Yoh 1:3; setelah karyaNya itu dirusakkan oleh dosa maka dipulihkanNya dengan men...

Dahulu Allah telah menciptakan segala sesuatunya melalui Kristus, bdk Yoh 1:3; setelah karyaNya itu dirusakkan oleh dosa maka dipulihkanNya dengan menciptakan kembali segala sesuatunya dalam Kristus, Kol 1:15-20+. Meskipun "ciptaan baru" itu, bdk Gal 6:15, menyangkut jagat raya seluruhnya, Kol 1:19 dst+; bdk 2Pe 3:13; Wah 21:1, namun pusatnya ialah "manusia baru" yang diciptakan dalam Kristus, Efe 2:15+, untuk hidup baru, Rom 6:4, dalam kebenaran dan kekudusan, Efe 2:10; 4:24+; Kol 3:10+. Bandingkan juga kelahiran baru melalui baptisan, Rom 6:4+

Jerusalem: 2Kor 5:17 - yang baru sudah datang Var: segala sesuatunya sudah baru.

Var: segala sesuatunya sudah baru.

Jerusalem: 2Kor 5:18 - kepada kami Ialah para rasul.

Ialah para rasul.

Ende: 2Kor 5:1 - Kemah "rumah". Tubuh jang fana diumpamakan dengan "kemah" tempat kediaman jang sederhana dan tidak tetap. Bentuk tubuh jang dibangkitkan dalam kemuliaan aba...

"rumah". Tubuh jang fana diumpamakan dengan "kemah" tempat kediaman jang sederhana dan tidak tetap. Bentuk tubuh jang dibangkitkan dalam kemuliaan abadi disini dinamakan "rumah" jang memang lebih indah, lengkap dan kukuh dari kemah.

Ende: 2Kor 5:2 - Dikenakan Kiasan rumah disini mulai diganti dengan kiasan lain, jang membahagiakan rupa tubuh abadi sebagai suatu pakaian (selubung jang indah). Batja 1Ko 15:50...

Kiasan rumah disini mulai diganti dengan kiasan lain, jang membahagiakan rupa tubuh abadi sebagai suatu pakaian (selubung jang indah). Batja 1Ko 15:50-54 pula.

Ende: 2Kor 5:5 - Petaruh roh Kemuliaan abadi sudah pasti sebab terdjamin oleh roh Kudus jang hidup dalam kita. Pada pokoknja didunia kita sudah mempunjai bagian dalam hidup dan ke...

Kemuliaan abadi sudah pasti sebab terdjamin oleh roh Kudus jang hidup dalam kita. Pada pokoknja didunia kita sudah mempunjai bagian dalam hidup dan kemuliaan abadi.

Ende: 2Kor 5:6-8 - -- Ketiga ajat ini agak kabur susunannja. Dapat ditafsirkan sebagai berikut. Paulus tidak takut mati, malahan ingin mati, sebab itu berarti masuk tanah-a...

Ketiga ajat ini agak kabur susunannja. Dapat ditafsirkan sebagai berikut. Paulus tidak takut mati, malahan ingin mati, sebab itu berarti masuk tanah-air jang sedjati, dan untuk selama-lamanja hidup dalam pergaulan mesra dengan Jesus jang pernah dilihatnja dalam kemuliaanNja. Umat patut berpikir demikian djuga. disini terang pula bahwa Paulus jakin, bahwa keadaan itu tertjapai segera sesudah matinja tubuh, biarpun djiwa masih dalam keadaan "telandjang."

Ende: 2Kor 5:9-10 - -- Hal mati atau tidak mati tidak penting. Penting sadja memenuhi kehendak Allah. Itu sadja jang mendjadi ukuran kemuliaan pada pengadilan terachir.

Hal mati atau tidak mati tidak penting. Penting sadja memenuhi kehendak Allah. Itu sadja jang mendjadi ukuran kemuliaan pada pengadilan terachir.

Ende: 2Kor 5:11 - Mengingat takut kepada Allah Paulus merasa bahwa ia bertanggung-djawab atas keselamatan abadi dirinja sendiri dan segala orang jang dipertjajakan kepadanja.

Paulus merasa bahwa ia bertanggung-djawab atas keselamatan abadi dirinja sendiri dan segala orang jang dipertjajakan kepadanja.

Ende: 2Kor 5:11 - Mejakinkan akan kebenaran Indjil.

akan kebenaran Indjil.

Ende: 2Kor 5:12 - Membela kehormatan kami mengakui dan dimana-mana mengemukakan bahwa Paulus rasul mereka jang sah, lagi pula membuktikan keluhurannja didepan para penentangnja.

mengakui dan dimana-mana mengemukakan bahwa Paulus rasul mereka jang sah, lagi pula membuktikan keluhurannja didepan para penentangnja.

Ende: 2Kor 5:12 - Ada pada muka berlagak dan berkedok djudjur dan bertjita-tjita murni tetapi bermuka dua: dalam hatinja litjik dan palsu.

berlagak dan berkedok djudjur dan bertjita-tjita murni tetapi bermuka dua: dalam hatinja litjik dan palsu.

Ende: 2Kor 5:13 - Kegila-gilaan "menahan diri". Mungkin ada jang mengedjek bahwa pembitjaraan Paulus jang bersemangat terlalu berlebih-lebihan, dan antjaman-antjamannja mirip dengan ...

"menahan diri". Mungkin ada jang mengedjek bahwa pembitjaraan Paulus jang bersemangat terlalu berlebih-lebihan, dan antjaman-antjamannja mirip dengan kegila-gilaan. Djawab Paulus: Bila benar berlebih-lebihan maka itu terdorong karena tjinta kepada Allah.

Ende: 2Kor 5:13 - Menahan diri : berbitjara dan bertindak dengan sabar dan tenang. Ada lain tafsiran lagi jang didasarkan pada utjapan-utjapan Paulus dalam 1Ko 14:2-3 dan 1Ko 14:18....

: berbitjara dan bertindak dengan sabar dan tenang. Ada lain tafsiran lagi jang didasarkan pada utjapan-utjapan Paulus dalam 1Ko 14:2-3 dan 1Ko 14:18. Menurut tafsiran itu "kegila-gilaan" dapat diganti dengan "terlandjur" dalam arti, bahwa Paulus demikian dikuasai kurnia-kurnia Roh Kudus, sehingga ia tidak sadar akan dirinja lagi dan dengan perkataan-perkataan jang meluap memuliakan Allah. (1Ko 14:3 dan 1Ko 14:19).

Ende: 2Kor 5:14-15 - Tjinta Kristus Aslinja dapat diartikan: tjinta Kristus kepada Paulus dan seluruh umat manusia, atau djuga tjinta Paulus kepada Kristus.

Aslinja dapat diartikan: tjinta Kristus kepada Paulus dan seluruh umat manusia, atau djuga tjinta Paulus kepada Kristus.

Ende: 2Kor 5:14-15 - Ganti semua manusia Dapat diterdjemahkan djuga: "bagi semua manusia".

Dapat diterdjemahkan djuga: "bagi semua manusia".

Ende: 2Kor 5:16 - Menilai menurut daging memandang dia sebagai seorang manusia biasa (kodrati) sadja.

memandang dia sebagai seorang manusia biasa (kodrati) sadja.

Ende: 2Kor 5:17 - Manusia baru jang mempunjai hidup baru jaitu bagian dalam hidup Allah sebagai anak Allah.

jang mempunjai hidup baru jaitu bagian dalam hidup Allah sebagai anak Allah.

Ende: 2Kor 5:18 - -- Manusia lama ialah manusia berdosa (Rom 5:8), jang bermusuh dengan Allah (Rom 5:10), bedjana murka (Rom 9:22). Dosa telah dihapuskan (Kol 2:14) dan de...

Manusia lama ialah manusia berdosa (Rom 5:8), jang bermusuh dengan Allah (Rom 5:10), bedjana murka (Rom 9:22). Dosa telah dihapuskan (Kol 2:14) dan demikian umat manusia telah diperdamaikan dengan Allah. Demikian pada pokoknja. Paulus (sekalian rasul beserta para pembantu mereka) bertugas memaklumkan dan menjampaikan (turut mewudjudkan) penghapusan dosa dan perdamaian itu kepada semua manusia.

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:1 - tempat kediaman // di bumi · tempat kediaman: Yes 38:12; 2Pet 1:13,14 · di bumi: 1Kor 15:47

· tempat kediaman: Yes 38:12; 2Pet 1:13,14

· di bumi: 1Kor 15:47

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:2 - kita mengeluh // tempat kediaman · kita mengeluh: 2Kor 5:4; Rom 8:23 · tempat kediaman: 2Kor 5:4; 1Kor 15:53,54

· kita mengeluh: 2Kor 5:4; Rom 8:23

· tempat kediaman: 2Kor 5:4; 1Kor 15:53,54

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:4 - kita mengeluh // mengenakan pakaian · kita mengeluh: 2Kor 5:2; Rom 8:23 · mengenakan pakaian: 2Kor 5:2; 1Kor 15:53,54

· kita mengeluh: 2Kor 5:2; Rom 8:23

· mengenakan pakaian: 2Kor 5:2; 1Kor 15:53,54

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:5 - telah disediakan · telah disediakan: Rom 8:23; 2Kor 1:22; Ef 1:13,14

· telah disediakan: Rom 8:23; 2Kor 1:22; Ef 1:13,14

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:7 - karena melihat · karena melihat: 1Kor 13:12; 2Kor 4:18; 2Kor 4:18

· karena melihat: 1Kor 13:12; 2Kor 4:18; [Lihat FULL. 2Kor 4:18]

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:8 - pada Tuhan · pada Tuhan: Yoh 12:26; Yoh 12:26

· pada Tuhan: Yoh 12:26; [Lihat FULL. Yoh 12:26]

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:9 - berkenan kepada-Nya · berkenan kepada-Nya: Rom 14:18; Ef 5:10; Kol 1:10; 1Tes 4:1

· berkenan kepada-Nya: Rom 14:18; Ef 5:10; Kol 1:10; 1Tes 4:1

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:10 - patut diterimanya · patut diterimanya: Mat 16:27; Mat 16:27; Kis 10:42; Rom 2:16; 14:10; Ef 6:8

· patut diterimanya: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]; Kis 10:42; Rom 2:16; 14:10; Ef 6:8

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:11 - akan Tuhan // bagi pertimbangan · akan Tuhan: Ayub 23:15; Ibr 10:31; 12:29; Yud 1:23 · bagi pertimbangan: 2Kor 4:2

· akan Tuhan: Ayub 23:15; Ibr 10:31; 12:29; Yud 1:23

· bagi pertimbangan: 2Kor 4:2

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:12 - sekali lagi // memegahkan kami · sekali lagi: 2Kor 3:1; 2Kor 3:1 · memegahkan kami: 2Kor 1:14

· sekali lagi: 2Kor 3:1; [Lihat FULL. 2Kor 3:1]

· memegahkan kami: 2Kor 1:14

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:13 - menguasai diri · menguasai diri: 2Kor 11:1,16,17; 12:11

· menguasai diri: 2Kor 11:1,16,17; 12:11

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:14 - sudah mati · sudah mati: Rom 6:6,7; Gal 2:20; Kol 3:3

· sudah mati: Rom 6:6,7; Gal 2:20; Kol 3:3

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:15 - dirinya sendiri // telah mati · dirinya sendiri: Rom 14:7-9 · telah mati: Rom 4:25

· dirinya sendiri: Rom 14:7-9

· telah mati: Rom 4:25

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:16 - ukuran manusia · ukuran manusia: 2Kor 10:4; 11:18

· ukuran manusia: 2Kor 10:4; 11:18

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:17 - dalam Kristus // ciptaan baru // sudah datang · dalam Kristus: Rom 16:3; Rom 16:3 · ciptaan baru: Yoh 1:13; Yoh 1:13; Rom 6:4; Rom 6:4; Gal 6:15 · sudah datang: Yes 65:17; Wah...

· dalam Kristus: Rom 16:3; [Lihat FULL. Rom 16:3]

· ciptaan baru: Yoh 1:13; [Lihat FULL. Yoh 1:13]; Rom 6:4; [Lihat FULL. Rom 6:4]; Gal 6:15

· sudah datang: Yes 65:17; Wahy 21:4,5

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:18 - dari Allah // perantaraan Kristus · dari Allah: Rom 11:36; Rom 11:36 · perantaraan Kristus: Rom 5:10; Rom 5:10

· dari Allah: Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

· perantaraan Kristus: Rom 5:10; [Lihat FULL. Rom 5:10]

Ref. Silang FULL: 2Kor 5:19 - pelanggaran mereka · pelanggaran mereka: Rom 4:8; Rom 4:8

· pelanggaran mereka: Rom 4:8; [Lihat FULL. Rom 4:8]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Kor 5:1-11 - Harapan Orang Percaya setelah Kematian Rasul Paulus melanjutkan penjelasannya dalam menunjukkan alasan-alasan mengapa ia dan rekan-rekan sekerjanya tidak kehabisan daya menghadapi pende...

Matthew Henry: 2Kor 5:12-15 - Permintaan Maaf Karena Tampak Memuji Diri Permintaan Maaf Karena Tampak Memuji Diri (2 Korintus 5:12-15) Di sini amatilah, I. Rasul Paulus meminta maaf karena tampak sudah memuji di...

Matthew Henry: 2Kor 5:16-21 - Pembaruan dan Pendamaian Pembaruan dan Pendamaian (2 Korintus 5:16-21) Dalam ayat-ayat ini Rasul Paulus menyebutkan dua hal yang penting supaya kita hidup untuk Kristus, y...

SH: 2Kor 4:16--5:10 - Pengharapan yang menguatkan. (Rabu, 09 September 1998) Pengharapan yang menguatkan. Secara manusiawi Paulus lemah, tetapi secara rohani dengan setia Allah menyertai dan menguatkan perjuangan iman dan pela...

SH: 2Kor 4:16--5:10 - Perspektif kekekalan (Jumat, 8 Juni 2007) Perspektif kekekalan Tidak mudah untuk melihat penderitaan dengan harapan 'habis hujan akan tampak pelangi'. Lebih mudah bagi kita membayangkan ...

SH: 2Kor 4:16--5:10 - Suatu saat menghadapi pengadilan (Selasa, 2 Juni 2015) Suatu saat menghadapi pengadilan Paulus memulai pasal 4 dengan menyatakan bahwa "Oleh kemurahan Allah kami telah menerima pelayanan ini. Karena itu k...

SH: 2Kor 4:16--5:10 - Hidup Adalah Kesempatan (Minggu, 7 Juni 2020) Hidup Adalah Kesempatan Begitu banyak pengalaman hidup yang Allah izinkan terjadi dalam kehidupan kita. Bukan hanya peristiwa yang sesuai dengan kein...

SH: 2Kor 5:11-21 - Motivasi dalam melayani. (Kamis, 10 September 1998) Motivasi dalam melayani. Motivasi orang dalam berbuat sesuatu dapat bermacam-macam. Ada yang ingin dipuji, mendapat keuntungan materil, mendapat kedu...

SH: 2Kor 5:11-21 - Tenaga pendorong pelayanan (Sabtu, 9 Juni 2007) Tenaga pendorong pelayanan Bila dalam pasal 4:1 Paulus menjelaskan penyebab ia tidak tawar hati dalam pelayanan, kini ia menjelaskan hal-hal yan...

SH: 2Kor 5:11-21 - Diperdamaikan dengan Allah (Rabu, 3 Juni 2015) Diperdamaikan dengan Allah Di dalam pelayanannya, Paulus selalu berusaha meyakinkan orang. Namun, ia tidak perlu meyakinkan Allah, karena Allah tahu ...

SH: 2Kor 5:11-21 - Hidup Kita Hanya untuk Tuhan (Senin, 8 Juni 2020) Hidup Kita Hanya untuk Tuhan Pada zaman ini manusia semakin berfokus kepada dirinya sendiri. Tren seperti swafoto (selfie) membuat manusia semakin me...

Utley: 2Kor 5:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 5:1-51 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat...

Utley: 2Kor 5:6-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 5:6-106 Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami m...

Utley: 2Kor 5:11-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 5:11-1511 Kami tahu apa artinya takut akan Tuhan, karena itu kami berusaha meyakinkan orang. Bagi Allah hati kami nyata de...

Utley: 2Kor 5:16-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 5:16-1916 Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang jugapun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus m...

Topik Teologia: 2Kor 5:1 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kematian Fisik Kej 3:19 Kej 6:5-7 Bil 27:3 Ayu 14:1-6 Maz 90:7-10 Maz 94:23 Rom 5:12 Rom...

Topik Teologia: 2Kor 5:2 - -- Eskatologi Kematian Mendatangkan Persatuan Intim dengan Allah dalam Kristus Luk 23:39-43 Kis 7:59 2Ko 5:1-8 Fili 1:21-24 Ibr 12...

Topik Teologia: 2Kor 5:5 - -- Roh Kudus Roh yang Memeteraikan 2Ko 1:22 2Ko 5:5 Efe 1:13-14 Efe 4:30 Roh Menjamin Berkat-berkat yang akan Datang kepad...

Topik Teologia: 2Kor 5:6 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Maz 110:1 Mal 3:1 Mat 7:21 Mat 24:42 Mar 2:28 Luk 6:46 Yoh 6:68 Yo...

Topik Teologia: 2Kor 5:7 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Maz 110:1 Mal 3:1 Mat 7:21 Mat 24:42 Mar 2:28 Luk 6:46 Yoh 6:68 Yo...

Topik Teologia: 2Kor 5:9 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Keyakinan pada Allah Nilai Keyakinan Kita kepada Allah ...

Topik Teologia: 2Kor 5:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengetahui Allah dan Mengingat-Nya Mengenal Allah ...

Topik Teologia: 2Kor 5:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memiliki Persepsi Diri ...

Topik Teologia: 2Kor 5:14 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah Kasih ...

Topik Teologia: 2Kor 5:15 - -- Dosa Universalitas Dosa Kebutuhan Pertobatan Universal 1Ra 8:46-48 Yeh 14:6-8 Mar 1:15 Luk 24:47 Yoh 3:3-5 Kis 17:30 2Ko 5:14-1...

Topik Teologia: 2Kor 5:17 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Peristiwa yang Diparalelkan dengan Kristus Penciptaan ...

Topik Teologia: 2Kor 5:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

Topik Teologia: 2Kor 5:19 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Kehidupan Yesus Mat 1:23 Mat 3:17...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kemuliaan Melalui Penderitaan Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Paulus menulis surat kirim...

Full Life: 2 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (2Kor 1:1-11) I. Pembelaan Paulus Demi Kepentingan Mayoritas Jemaat yang Setia (2Kor 1:12-7:16) ...

Matthew Henry: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Dalam suratnya yang terdahulu, Rasul Paulus sudah menyampaikan niatnya untuk datang ke Korintus, sesudah ia melintasi Makedonia (1Kor. 16:5). Akan ...

Jerusalem: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT KEDUA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Surat kedua kepada umat Korintus ditulis Paulus kira-kira dua tahun kemudian dari jang pe...

BIS: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hub

SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hubungan Paulus dengan jemaat itu. Ada anggota-anggota dari jemaat itu yang rupanya telah menyerang Paulus dengan keras, tetapi Paulus menunjukkan bahwa ia ingin sekali berbaik. Ia memperlihatkan kegembiraannya ketika hal itu terjadi.

Dalam bagian pertama suratnya ini Paulus menguraikan tentang hubungannya dengan jemaat di Korintus. Ia menjelaskan di situ mengapa ia mengecam dengan keras perlawanan dan celaan terhadap dirinya yang dilakukan oleh jemaat itu. Setelah mengemukakan hal itu, ia selanjutnya menyatakan kegembiraannya bahwa kecamannya yang keras itu sudah menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Kemudian ia mengajak supaya jemaat itu mengumpulkan sumbangan untuk menolong orang-orang Kristen yang hidup berkekurangan di Yudea. Pada pasal-pasal terakhir Paulus mengemukakan pembelaan dirinya mengenai kedudukannya sebagai rasul terhadap beberapa orang di Korintus yang menganggap diri sendiri rasul sejati, dan menuduh Paulus sebagai rasul palsu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    2Kor 1:1-11
  2.  Paulus dan jemaat di Korintus
    2Kor 1:12-7:16
  3.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    2Kor 8:1-9:15
  4.  Pembelaan Paulus mengenai kekuasaannya sebagai rasul
    2Kor 10:1-13:10
  5.  Penutup
    2Kor 13:11-14

Ajaran: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 60 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (Jemaat) di kota Korintus. (Dan juga semua orang Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab II Korintus terbagi atas 13 pasal. Kitab ini merupakan kelanjutan dari Kitab I Korintus. Di dalamnya kita dapat melihat kemurnian pelayanan Paulus sebagai Rasul Yesus Kristus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Korintus

  1. Pasal 1-5 (2Kor 1:1-5:21).

    Pembelaan Rasul Paulus atas kerasulannya

    Bagian ini berisi pembelaan Rasul Paulus tentang ketulusan hatinya dalam melayani Tuhan Yesus, serta membuktikan kerasulannya dan wewenangnya sebagai Rasul Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 1:12. _Tanyakan_: Bagaimanakah hati Rasul Paulus dalam melayani? Dan bagaimanakah pula ketulusan hati Saudara?
    2. Bacalah pasal 2Kor 4:1-5. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap Rasul Paulus tentan Firman Allah yang diberitakannya? Dan bagaimanakah dengan saudara? Apakah yang diterima oleh orang-orang yang tida mau menerima Injil? Apakah isi pemberitaan dari pelayanan Paulus?
  2. Pasal 6-9 (2Kor 6:1-9:15).

    Pengajaran tentang hal-hal rohani dan duniawi

    Pada bagian ini, Rasul Paulus memberikan peringatan-peringatan mengenai campuran hal-hal rohani dengan yang duniawi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 7:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah mengenai pencemaran jasmani dan rohani?
    2. Bacalah pasal 2Kor 9:7-12. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap yang benar dalam memberikan persembahan? Apakah artinya memberikan persembahan? Apakah hasil memberikan persembahan?
  3. Pasal 10-13 (2Kor 10:1-13:14).

    Pengajaran tentang pembelaan Rasul Paulus terhadap tuduhan-tuduhan yang disampaikan kepadanya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus kembali membela dirinya atas tuduhan- tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 11:31. _Tanyakan_: Siapakah yang mengetahui ketulusan hati Rasul Paulus? Apakah ada hal-hal/dosa yang saudara sembunyikan dari Allah?
    2. Bacalah pasal 2Kor 13:7. _Tanyakan_: Apakah yang didoakan Rasul Paulus untuk jemaat?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab II Korintus jelaslah bahwa Paulus adalah Rasul Tuhan Yesus yang sah. Sebab yang memilih dia menjadi Rasul adalah Tuhan Yesus, dan mengenai hal itu ia tidak berdusta. Rasul Paulus juga dalam memberitakan Injil tidak memberitakan dirinya atau mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab II Korintus?
  2. Apakah pengajaran utama dalam Kitab II Korintus?
  3. Bagaimanakah sikap Paulus di dalam pelayanan Firman Allah?
  4. Apakah yang dituduhkan kepada Rasul Paulus?

Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat KISAH DI BALIK SURAT INI. Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. P

Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat

KISAH DI BALIK SURAT INI.
Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. Pauluslah yang memulai gereja di Korintus (Kis 18:1-17). Paulus menegaskan bahwa ia adalah seorang rasul (1Kor 9:1, perhatikanlah kata-kata pembukaan dalam suratnya yang kedua). Tetapi, rasul-rasul palsu (2Kor 11:12-15) masuk ke Korintus. Rasul-rasul 'super' ini (2Kor 11:5) mengajarkan injil yang berbeda (2Kor 11:12-15) dan menentang wewenang Paulus. Timbullah kekacauan. Nasihat Paulus dalam I Korintus diabaikan. Kemudian Paulus mengadakan kunjungan yang mendukakan ke Korintus (2Kor 2:1). Rupa-rupanya' rasul-rasul yang tak ada taranya' ini hanya menertawakan dia (2Kor 10:10). Paulus meninggalkan Korintus dan kemudian mengirim, Titus ke gereja itu dengan surat yang bernada keras isinya (2Kor 7:5-13). Dan jemaat di Korintus bertobat. Titus membawa berita yang sangat menyenangkan ini kepada Paulus (2Kor 7:6, 7). Surat ini merupakan penjelasan yang menyambung sejarah sedih dari pertikaian yang terjadi.

KAPAN SURAT INI DITULIS.
Kita tahu bahwa Paulus sedang berada di Korintus ketika Galio menjadi gubernur di Akhaya (Kis 18:12) pada tahun 51 atau 52 M. Oleh karena itu, suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus tentu ditulis sekitar tahun 55 M dan suratnya yang kedua kurang lebih setahun kemudian.

JEMAAT KORINTUS DAN TITUS.
Titus sangat dikasihi oleh Paulus (2Ko 2:13; 8:23) dan namanya disebut sembilan kali dalam surat ini. Ia adalah pembawa surat Paulus yang 'keras' itu ke Korintus. Ia turut merasakan keprihatinan Paulus tentang situasi di Korintus, dan kelegaan Paulus ketika jemaat di Korintus bertobat (7:13). Kemudian, ia dikirim kembali ke Korintus untuk membawa surat Paulus yang kedua kepada jemaat Korintus dan untuk menuntaskan pengaturan pengumpulan pemberian bagi orang miskin di Yerusalem (2Ko 8:6).

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Maksud utama surat ini adalah untuk memberitahu jemaat Korintus betapa besar arti perubahan pikiran mereka bagi Paulus. Surat ini juga untuk memperingatkan mereka agar tidak berlaku terlalu keras terhadap orang-orang yang telah menyerangnya (2Ko 2:5-11). Ketiga, Paulus ingin mengulang kembali pengajaran yang telah diberikannya dalam suratnya yang pertama (2Ko 6:14, bandingkan dengan 1Kor 6:15-20). Alasan yang keempat adalah mengenai' para rasul yang tidak ada taranya' yang tidak mau bertobat, yang pada kenyataannya adalah guru-guru palsu dengan injil yang berbeda (2Ko 11:1-6). Kelima, Paulus ingin mengingatkan mereka tentang rencana pengumpulan pemberian untuk membantu orang miskin di Yerusalem. HaI ini juga telah dibicarakannya dalam suratnya yang pertama (1Kor 16: 1-3) dan sekarang ia ingin supaya mereka mengirimkan uang itu melalui Titus (2Ko 9:1-5).

Pesan

Ada dua pokok penting yang dibahas di sini:

1. Hak istimewa dan penderitaan.
Kepemimpinan Kristen seperti yang dilakukan Paulus akan selalu menimbulkan
kesengsaraan, salah pengertian, penderitaan di samping semangat dan sukacita.
Paulus memaparkan tentang penderitaan dalam tujuh pasal yang terpisah dalam
surat ini:
o Hampir putus asa ketika jemaat Korintus menolak dia. 2Ko 1:8-11
o Penderitaan mental saat Paulus menantikan jawaban atas suratnya.2Ko 2:12-17
o Keletihan fisik yang disebabkan oleh konflik batin. 2Ko 4:16-18
o Kesengsaraan karena pertikaian yang tak habis-habisnya dalam membela nama Yesus. 2Ko 6:3-10
o 'Pertengkaran dari luar dan ketakutan dari dalam'. 2Ko 7:5-8
o Kepedihan karena tidak dimengerti dan dituduh dengan tuduhan palsu. 2Ko 11:1-10
o Bermacam-macam penderitaan dari pengabar Injil. 2Ko 11:21-29

2. Kemuliaan (pasal 3-5)
Paulus membuka topik ini dengan menunjuk kepada 'surat pujian' yang ditulis oleh
gereja-gereja untuk memuji jemaat mereka terhadap gereja-gereja lain. Kemudian ia
berbicara mengenai 'surat' Allah yang memberikan pujian bukan di atas sehelai
kertas, melainkan dalam kehidupan (loh hati) pelayan-pelayan-Nya yang sejati.
Ini membawanya kepada Perjanjian Lama yang mengisahkan tentang tulisan Allah di
atas loh batu. Sekarang marilah kita lihat bagaimana perkembangan tema ini:

o Allah sendiri memberi Hukum itu kepada Musa.
o Musa melihat kemuliaan Allah.
o Cahaya terang dan kemuliaan yang luar biasa mengubah Musa, sehingga wajahnya menjadi cemerlang.
o Perubahan ini menakutkan umat ketika mereka melihatnya.
o Oleh karena itu, Musa harus menutupinya dengan 'selubung'.
o Pemandangan itu tentunya indah sekali; tetapi hanya sebentar, cahaya itu pudar karena Musa tidak melihat kemuliaan Allah seperti itu lagi.
o Kristen bertemu dengan Allah setiap hari: oleh karena itu seharusnya cahaya itu tetap ada!
o Namun demikian, kehidupan tidak selalu penuh kemuliaan: ada penderitaan juga.
o Tetapi, jangan putus asa: sebab kematian pun hanya pintu gerbang menuju kemuliaan.
o Tubuh kita bagai sebuah kemah: kematian merupakan keruntuhan terakhir kemah itu.
o Tetapi, semua itu hanya berarti suatu perpindahan: perpindahan ke dalam
o sebuah rumah baru, bukan kemah, tetapi suatu rumah yang tetap.
o Untuk itulah Allah telah menyelamatkan kita.

Penerapan

Kita belajar beberapa hal dari surat ini:o Gereja bukan hanya tempat berkumpulnya antar teman: di dalamnya ada pemimpin-pemimpin.
o Demokrasi dalam gereja harus disertai dengan wewenang dan tanggung jawab.
o Kepemimpinan dalam gereja bukan hanya suatu hak istimewa, tetapi mengundang penderitaan.
o Misi bukan hal yang mudah: orang yang lemah lebih baik meninggalkannya.
o Orang Kristen seharusnya tidak takut pada kematian. Ada kemuliaan dalam kematian, tetapi ada kemuliaan yang lebih besar di balik kematian.

Tema-tema Kunci

1. Penderitaan.
Pelajari dua perikop utama tentang penderitaan dalam pasal 6 dan 11. Berapa banyak dari peristiwa yang diceritakan dalam pasal-pasal ini yang dapat Anda hubungkan dengan biografi Paulus dalam Kisah para Rasul?

2. Kristen dan pelayanan sosial.
Paulus sangat prihatin tentang perlunya gereja-gereja di Asia membantu orang-orang Kristen di Yudea yang sangat menderita akibat kelaparan (Kis. 11:27-30). Pelajari Kis 4:32-5:11 dan 2Kor 8:1-9:15 bersama-sama dengan 1Kor 16:1-4, Rom 15:24-29 dan Kis 24:17 untuk melihat prinsip-prinsip umum apa yang dapat dijadikan pedoman oleh orang Kristen dalam hal memberi. Perhatikan juga perkataan Yesus sendiri mengenai hal ini: Mat 6:1-4.

3. Kematian.
2 Korintus 4:7-5:10 menyangkut masalah kelemahan tubuh manusia dan tidak terluputnya tubuh tersebut dari kematian. Pelajari perikop ini dan bandingkan dengan I Korintus 15:35-58. Kedua perikop tersebut berhubungan dengan 'kemuliaan'. Apakah kemuliaan itu (Kel 24:15-17; Yeh. 1:26-28)? Kemuliaan menantikan kita, mengapa kita masih takut akan kematian? Bagaimana dengan Paulus (2Kor 5:8 dan 2 Tim. 4:6-8)?

4. Wewenang kerasulan.
Pakailah konkordansi untuk mempelajari setiap penjelasan tentang 'para rasul'. Buatlah sebuah daftar dari semua orang yang dipanggil rasul.

Perhatikan secara khusus:
- Yesus (Ibr 3:1)
- kedua belas rasul (Mat 10:2)
- Andronikus (Rom 16:7)
- Paulus (1Kor 1:1)

Kedua belas rasul merupakan suatu kelompok yang unik, yang dipakai untuk menyatakan hubungan antara kedua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama dan gereja dalam Perjanjian Baru (Gal 6:16, 'Israel milik Allah').

Apa kesalahan 'para rasul yang hebat' itu, padahal sebenarnya mereka adalah rasul-rasul palsu. (2Kor 11:1-21)?

Garis Besar Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17 2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita 2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya 2Ko 2:5-11'Ampu

[1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17

2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita
2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya
2Ko 2:5-11'Ampuni lawan-lawan saya'
2Ko 2:12-17Titus telah tiba: betapa Paulus bersukacita

[2] KEMULIAAN PERJANJIAN BARU 2Ko 3:1-5:21

2Ko 3:1-6Roh yang dari Allah dan hati manusia
2Ko 3:7-18Kemuliaan Injil yang lebih besar
2Ko 4:1-6Kemuliaan yang tersembunyi dari mereka yang terhilang
2Ko 4:7-18Kemuliaan tersembunyi oleh penderitaan
2Ko 5:1-10Kematian:pintu gerbang menuju kemuliaan
2Ko 5:11-21Kemuliaan yang akan datang dan perbuatan masa kini

[3] KESELAMATAN DAN TINGKAH LAKU 2Ko 6:1-7:1

2Ko 6:1-10Tingkah laku Kristen: suatu kesaksian
2Ko 6:11:1Tingkah laku Kristen: suatu imbauan

[4] BILA ORANG KRISTEN BERTIKAI 2Ko 7:2-16

2Ko 7:2-4Pertentangan tanpa sebab
2Ko 7:5-13a Penderitaan akibat pertentangan antara Kristen
2Ko 7:13b-2Ko 7:16 Kelegaan akibat perdamaian!

[5] MENGENAI UANG 2Ko 8:1-9:15

2Ko 8:1-7Memberi: contoh dari Makedonia
2Ko 8:8-15Memberi: sekarang bagaimana dengan Anda?
2Ko 8:16-9:5Beberapa pengaturan praktis
2Ko 9:6-15Memberi: suatu prinsip rohani

[6] DISIPLIN GEREJA DAN WEWENANG KERASULAN 2Ko 10:1-12:13

2Ko 10:1-6Disiplin: suatu keharusan rohani
2Ko 10:7-12Disiplin dari jarak jauh
2Ko 10:13-18Hak seorang misionaris untuk mendisiplin
2Ko 11:1-15Teladan seorang misionaris dalam disiplin diri
2Ko 11:16-33'Kelemahan' kerasulan
2Ko 12:1-10Hak istimewa kerasulan
2Ko 12:11-13'Sekarang saling memberi penilaian'

[7] KESIMPULAN 2Ko 12:14-13:14

2Ko 12:14-21Saya akan datang: dalam kasih
2Ko 13:1-4Saya akan datang: untuk menghakimi
2Ko 13:5-10Ujilah dirimu masing-masing... maka aku tidak perlu menguji engkau
2Ko 13:11-14Salam
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 1.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA